Sunday, January 1, 2012

Mengubah tinggi-nada suatu bunyi dengan

 Mengubah tinggi-nada suatu bunyi  dengan  percobaan sederhana.
fisika sekolah dasar 

Sekarang mari kita lakukan percobaan yang bertujuan untuk  mengetahui apakah tinggi nada bunyi dapat diubah-ubah. Coba sediakan  sebuah sendok yang terbuat dari logam (besi), benang kasur secukupnya (kira-kira  150 cm).
Caranya : Lakukan dengan bantuan teman (2 orang)
a.       Ikatkan sendok ditengah-tengah benang.
b.      gulungkan  ujung benang pada kedua telunjukmu. Usahakan agar benang sama panjang, sehingga sendok tergantung di tengah-tengah.
c.       Masukkan kedua telunjukmu ke lubang telinga kiri dan kanan, kemudian bungkukkan badan agar sendok tergantung bebas.
d.      Mintalah teman anda untuk memukul sendok tersebut dan dengarkan.
e.      Perpendek benang  dengan menggulung kembali benang pada kedua telunjukmu dengan menjaga panjang yg sama sehingga sendok berada ditengah-tengah.
f.        Mintalah kembali teman anda untuk memukulnya dan dengarkan, apakah ada perbedaan nada bunyi sendok ?
Hasil percobaan :
Akan terdengar bunyi  seperti lonceng.
Penjelasan :
Logam pada sendok bergetar saat di pukul.  Getaran pada sendok bergerak bolak balik. Pada peristiwa ini , molekul-molekul pada sendok bergerak bolak-balik dan saling bertumbukan sehingga terjadi perpindahan energi dari satu molekul ke molekul lain. Molekul yang bergetar dalam sendok menumbuk molekul-molekul  dalam benang sehingga terjadi perpindahan energi melalui benang ke telinga.
Perbedaan tinggi nada bunyi yang terdengar telinga disebabkan perbedaan frekuensi (jumlah getaran yang tiba di telinga tiap satu detik). Bunyi nada tinggi akan terdengar jika getaran yang tiba ditelinga frekuensinya banyak, nadanya akan rendah jikan frekuensinya sedikit.
Benang yang panjang dan pendek menerima energi getaran sendok hampir sama banyaknya. 
Karena benang pendek lebih sedikit molekulnya, maka setiap molekul benang akan menerima lebih banyak energi getaran sendok dan bergetar lebih cepat, sehibgga memberikan nada lebih tinggi.
Benang panjang menghasilkan nada lebih rendah, karena mengandung lebih banyak molekul maka energi yang diterima nya lebih sedikit sehingga getarannya lebih lambat.
Selamat mencobanya, semoga sukses ! mew update 2012

Sumber :  Physics for Every Kid : 101 Easy Experiments in Motion, Heat, Light, Machines, and Sound, Janice Pratt Van Cleave, 1991 by John Wiley and Sons, Inc.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...