Friday, April 6, 2012

BUKTI KESALAHAN PEMBELAJARAN FISIKA

BUKTI KESALAHAN PEMBELAJARAN FISIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI


Pernahkah anda lihat seseorang di pom bensin, seorang sopir angkot atau siapa saja, sedang mengisi bensin kemudian dia mengoyang-goyangkan kendaraannya ? Mungkin dalam pikirannya agar tangki bensin terisi pol, biar tidak ada ruang yang kosong yang belum terisi oleh bensin.

Saya tak habis pikir, darimana mereka mendapatkan ide utk menggoyang-goyang kendaraannya agar tangki terisi penuh? Barangkali mereka melihat orang lain melakukan hal tersebut dan kemudian mengikutinya tanpa pernah memikirkannya.

Nah inilah akibatnya, masyarakat kita memang selalu taat dan manut melakukan hal-hal yg dilakukan orang lain tanpa mereka pahami mengapa hal tsb harus dilakukan. Mungkin mereka terinspirasi oleh seorang ibu yag menggoyang-goyangkan toplesnya ketika mengisi dg krupuk, rempeyek, opak, rangginang, dll. Tapi itu kan benda padat. Benda cair tidak perlu diperlakukan demikian dan ia akan masuk sendiri mengisi ruang yg kosong.

Lantas mengapa masih ada saja orang yang tidak paham dengan masalah sepele seperti ini?

Barangkali mereka tidak memahami dengan baik pelajaran IPA atau Fisika tentang sifat-sifat benda cair pada waktu sekolah di SD dulu. Atau sudah lupa ? Atau mungkin juga para guru IPA tidak bisa menjelaskan prinsip-prinsip fisika yg mendasar seperti ini kepada siswanya sehingga siswanya tetap tidak paham.

Peristiwa ini sungguh menunjukkan kegagalan dalam pembelajaran fisika, terjadi miskonsepsi dalam pembelajaran Sifat-Sifat Zat Cair.

Kita tahu bahwa zat cair selain mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah, zat cair pun selalu menempati tempat yang kosong dan memenuhi ruangan tersebut.
Jadi sebenarnya jika mereka tahu konsep fisikanya maka tidak perlu kendaraan itu digoyang-goyangkan karena tangki itu akan terisi penuh dengan sendirinya dan tidak akan ada ruang yang kosong, yang berisi udara didalam tangki tersebut. Lagipula tangki bensin memang sudah dirancang utk bisa diisi penuh sesuai kapasitasnya tanpa perlu digoyang agar bensin bisa mengisi tangki dg penuh. Oleh karena itu pada saat tangki bensin penuh ada muntahan udara disertai dengan cairan bensin yang termuntahkan.


1 comments:

wah, bagus bang blognya..
keep posting..

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...