Senin, 02 Januari 2012

Mari membuat Suara Binatang dari Gelas

Mari membuat Suara Binatang dari Gelas Plastik Bekas
(Untuk SD kelas V dan VI)

Adik-adik, dulu kakak pernah membuat sebuah mainan yang menyerupai suara binatang yang terbuat dari kaleng bekas sarden. Kaleng itu di lubangi salah satu bagiannya dan bagian yang lainnya dibiarkan saja, kemudian dilubangi dengan paku agar tali (benang kasur) dapat masuk memanjang ke bawah.  Setelah itu basahi benangnya dengan air, lalu tarik benang dan pada saat menarik benang tekankan jari telunjuk dan jempol diantara benang itu sehingga tarikannya tersendat-sendat, nah pada saat ditarik itulah timbul bunyi. Suaranya lucu dan aneh, bisa menyerupai kokok ayam, suara tokek atau suara lainnya tergantung bagaimana cara jari tangan menarik benang yang memanjang itu.

Nah adik-adik, sekarang mari kita buat mainan tersebut sambil mempelajari bagai mana konsep fisika  yang terjadi pada alat tersebut.

Adapun bahan/alat yang akan kita gunakan adalah:
1.       Gelas plastik bekas yang agak besar gelas bekas yang tentunya harus bersih ya
2.       Benang 1 meter
3.       Tusuk gigi

 Cara membuatnya :
1.       Lubangi gelas dengan tusuk gigi.
2.       Masukan benang kasur melalui lubang tadi dan biarkan membentang didalam lubang gelas plastik.
3.       Ikatkan tusuk gigi dengan benang pada bagian luar gelas.
4.       Basahi benang kasur dengan air secukupnya.
5.       Tekan benang kasur dengan kedua jari mulai dari bibir gelas plastik kemudian tarik, aturlah tekanannya untuk mendapatkan bunyi yang diinginkan.

Hasil : Jika pautan benangnya bagus akan terdengar bunyi menyerupai suara binatang seperti : suara kokok ayam, suara tokek, dan jenis suara lainya

Penjelasan :
Pada saat menarik benang kasur, air pada benang kasur berfungsi memperkuat gesekan jari dengan benang kasur sehingga tarikan jari tersendat-sendat seperti sentakan-sentakan kecil akibat gaya tekan jari tangan pada benang. Sentakan-sentakan itu menimbulkan getaran maju-mundur pada bagian atas gelas sehingga membuat molekul-molekul udara didalam gelas plastik juga ikut bergetar maju-mundur sesuai dengan irama tarikan jari kita. Sedangkan gelas itu berlaku seperti spiker (megafon) yang menjalarkan gelombang bunyi ke satu arah.

Nah, adik-adik silahkan mencobanya, semoga berhasil ! fisika untuk sekolah dasar (Untuk SD kelas V dan VI)

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...